Refleksi Dwimingguan Modul 1.3
Kali ini saya akan
menulis mengenai refleksi saya tentang kegiatan pembelajaran Daring yang sudah
dilakukan pada Modul 1.3 Tentang Visi Guru Penggerak. Dalam menulis jurnal
refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (1. Fact; 2. Feeling;
3. Findings; dan 4. Future), yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F
dapat diterjemahkan menjadi 4P (1. Peristiwa; 2. Perasaan; 3. Pembelajaran; dan
4. Penerapan).
1. Facts
(Peristiwa)
Kegiatan pada
modul 1.3 melalui LMS saya lakukan kurang lebih selama dua minggu. Di dalam
LMS, saya melakukan berbagai aktivitas di antaranya melakukan eksplorasi materi
secara mandiri dan saling bertukar pikiran dengan sesama CGP melalui forum
diskusi. Pada Hari Rabu, 20 September 2023 saya melakukan ruang kolaborasi sesi
1 secara daring melalui Google Meet dengan dipandu oleh fasilitator, Bapak
Nasir, S.Pd., M.Pd. selama kurang lebih 3 JP dan Pada hari Kamis, 21 September
2023, kami melakukan ruang kolaborasi sesi 2 berupa diskusi kelompok dengan
dipandu fasilitator.
Selanjutnya pada
hari Rabu, 27 September 2023 Saya bersama dengan CGP lainnya se Sulawesi Barat
kami menerima materi terkait visi guru penggerak dari instruktur, Bapak Syahrul
Aman, S.Pd., M.Pd. melalui platform zoom.
2. Feelings
(Perasaan)
Kurang lebih
selama dua minggu saya mengikuti Program CGP yang membuat saya memiliki
berbagai perasaan. Ada rasa senang dan juga ada rasa khawatir. Senang karena
melalui program saya saya memiliki tambahan teman dan pengetahuan. Adapun
kekhawatiran kesulitan di dalam mengerjakan tugas-tugas terkait PGP mengingat
tanggung jawab sebagai kepala sekolah di satuan pendidikan saya yang tentunya
membutuhkan banyak waktu. Namun di sinilah saya belajar untuk mengatur waktu secara
baik.
Hal lain yang
membuat saya senang dalam kegiatan ini adalah banyaknya hal-hal baru mengenai
pendidikan yang terkait nilai dan peran guru penggerak. Hal inilah menjadi
salah satu pemicu semangat saya untuk terus belajar di dalam program guru penggerak
ini dan keinginan untuk mengimplementasikan di sekolah.
3. Findings
(Pembelajaran)
Dalam modul yang
saya pelajari ini, saya menemukan konsep-konsep baru dan memperoleh pemahaman
yang belum saya eksplorasi sebelumnya dalam bidang pendidikan, terutama terkait
dengan visi guru penggerak. Pemahaman ini penting bagi saya sebagai pendidik
untuk meningkatkan kompetensi saya. Dengan memahami nilai dan peran guru
penggerak ini, saya merasa memiliki dasar pemahaman di dalam melaksanakan
proses pembelajaran di sekolah.
4. Future
(Penerapan)
Setelah
mempelajari modul ini, Saya akan mencoba menerapkannya atau merealisasikan
dalam proses pembelajaran di sekolah, agar tujuan pendidikan bisa tercapai
dengan baik. Saya memberikan pembelajaran sesuai dengan kodrat alam dan
lingkungannya, membiasakan sosial budaya. dimulai dari pembiasaan pembelajaran
yang saling menghormati, berkomunikasi dengan baik, sopan santun, berdiskusi
dan gotong royong bekerja sama dalam pemecahan masalah.
Saya memberikan
sebagai pemenuhan kebutuhan anak. Membimbing, melayani dan mengarahkan
keingintahuan mereka terhadap ilmu-ilmu yang mereka perlukan, sehingga mampu
memberi ilmu atau hal berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan
batin. Melaksanakan pembelajaran harus dengan implementasi nilai-nilai guru
penggerak. Selain itu dengan memahami peran guru penggerak maka akan membuat
saya lebih mudah melakukan praktik baik dengan rekan sejawat di sekolah serta
dengan murid-murid.
